Rabu, 14 Desember 2011

Koq Gak Pede Dan Gak Bangga Sebagai Orang Toraja?

klv001031771Toraja adalah salah satu suku bangsa tua di Indonesia,jika merunut sejarah kebelakang maka terlihat bahwa suku bangsa Toraja termasuk suku bangsa yang duluan masuk Indonesia dari Dataran Tinggi Yunan lalu merangsek ke dalam hingga menetap di pegunungan di Sulawesi dan kemudian membentuk suku yang bernama Toraja.
Sering kali saya menemukan beberapa orang Toraja yang tidak Percaya Diri ataupun tidak bangga dengan ke-Toraja-an yang mereka miliki.
Pernah saya baca pada email milik Indah,seorang gadis Toraja bermarga Payung,lalu Indah coba japri dan menanyakan apakah Anda adalah Boru Sipayung?lalu jawabnya = gak saya orang Sulawesi,lalu Indah bertanya balik = Sulawesi mana? Dia masih belum mau mengatakan bahwa dia orang Toraja hingga akhirnya Indah mengatakan bahwa suaminya (saya) orang Tionghoa-Toraja dengan marga Tomarere nah itu dia baru mau ngaku bahwa ia adalah orang Toraja juga,saya lalu berpikir…koq dia berkelit banget ya?

Ada juga beberapa kasus demikian yang saya temukan,selalu ngakunya orang Makassar atau Sulawesi,ya mmg Toraja di Sulawesi namun baiknya khan lebih spesifik lagian kenapa juga gak mau ngaku sebagai Orang Toraja?mengenai Orang toraja yang suka main sabung ayam dan berjudi saya rasa suku lain juga banyak yang demikian koq bukan hanya Toraja sendiri saja.
Kalo saya baca artikel atau email di milis Batak Toba,mereka selalu bangga dengan ke-batak-an yang mereka miliki bahkan ada slogan seperti ini : Apabila Anda Batak,katakanlah pada anak Anda bahwa ia juga Batak…wow suatu kebanggaan yang luar biasa,sedangkan Orang Toraja ada beberapa yang bersembunyi dengan atas nama Sulawesi atau Makassar.
Mau bersembunyi gimana pun asalkan membaca marganya aja saya sudah tahu bahwa Ia adalah seorang Toraja,misalnya dari marga Rantekanan,Rantelinggi,Limbong,Tandiassang,Tandi,Tandilintin,Samma,Paonganan,Payung,Topayung,Parapak,Mappalimbong,Bongi dll juga nama pria yang umum digunakan di Toraja seperti Tato dan Sampe.
Sangat lucu kalo dipikirkan bahwa orang barat/bule saja di sana ada ngebet pengen ke Toraja bahkan ada yang cinta mati/tergila-gila pada budaya Toraja malah beberapa orang Toraja tidak mau mengaku bahwa mereka adalah bagian dari Tana Toraja.
Untungnya Tana Toraja mempunyai beberapa tempat wisata eksotik dan rumah adat Tongkonan yang begitu menarik sehingga nama Tana Toraja tetap eksis hingga saat ini,jika tidak ada apa-apa dari Toraja yang bisa dibanggakan atau dikenal maka pastilah dijamin Toraja bisa hilang dari peredaran informasi karena beberapa orang Toraja enggan mengaku bahwa mereka orang Toraja.
Toraja juga dikenal sebagai basis umat Kristen yang besar di Sulawesi selain Minahasa tentunya,namun untuk wilayah Sulawesi Selatan maka Toraja adalah terbesar ditambah dengan sedikit dari Toraja/Bugis Mamasa dan Toraja/Bugis Palopo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar